jump to navigation

Pasca Operasi Apakah Katarak Bisa Kambuh Lagi? 7 April 2010

Posted by atmata in Katarak.
Tags:
trackback

Dok, apakah setelah dioperasi,  katarak itu bisa kambuh lagi?. Dok,  jika kambuh, apa perlu operasi lagi?.

Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya saya jelaskan sedikit mengenai tehnik operasi katarak secara umum.  Operasi katarak dilakukan dengan mengeluarkan isi lensa yang ada dalam kantung (kapsul) yaitu dengan melubangi kantung bagian depannya. Setelah isi lensa keluar semua, kantung lensa yang tertinggal digunakan untuk tempat lensa buatan yang mempunyai fungsi seperti lensa asli.

Pada kasus-kasus tertentu, kantung lensa yang jernih tersebut bisa berubah menjadi keruh. Keruhnya kantung lensa inilah yang disebut sebagai katarak yang kambuh lagi atau disebut sebagai PCO (posterior capsular opacity). PCO ini bisa muncul pada beberapa bulan sampai tahun setelah operasi.

Mengapa kantung yang jernih itu bisa menjadi keruh?. Kekeruhan itu terjadi akibat hidupnya kembali sisa sel-sel dari isi lensa yang masih melekat pada kantung lensa.

Jika  kantung lensa menjadi biang kerok munculnya katarak baru, mengapa tidak diambil sekalian  saat operasi?. Jika kapsul diambil semua, hal ini kurang menguntungkan karena lensa buatan yang akan dipasang tidak punya tempat yang berfungsi sebagai penyangga. Juga bisa berakibat fatal dimana lensa buatan tersebut dapat tenggelam kedalam bola mata.

Munculnya PCO ini dipengaruhi oleh tehnik operasi yang digunakan juga lensa buatan yang terpasang. Diketahui tehnik operasi fekoemulsifikasi mempunyai angka kejadian kasus PCO terkecil bila dibandingkan dengan tehnik lain. Sedangkan pemakaian lensa buatan yang bagus (kwalitas baik)- harga lebih mahal-juga diketahui dapat mengurangi angka kejadian PCO ini.

Namun jangan berkecil hati karena jika terjadi PCO maka tidak perlu dilakukan operasi lagi. Cukup dengan tindakan laser.  Kapsul yang keruh itu kita robek/lubangi dengan sinar laser yang dilakukan tidak lebih dari 10 menit.

Semoga Bermanfaat.

About these ads

Komentar»

1. Mutiara - 6 Juni 2011

Dokter yg terhormat,
ibu saya dan seluruh keluarganya memiliki penyakit mata ini (katarak). Beberapa tahun yg lalu, ibu saya melakukan operasi katarak. Menurut ceritanya, bahwasanya dokter yang menanganinya melakukan laser pada matanya. Dan kemuadian mata itu berdarah. Apakah itu normal? Satu lagi pertanyaaan saya, jika mata dinyatakan buta akibat katarak,apakah ada kemungkinan untuk bisa melihat kembali jika dioperasi?

2. kris - 21 November 2013

Coba cari informasi untuk S. lutena


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: