jump to navigation

Operasi Katarak 7 April 2010

Posted by atmata in Katarak.
Tags:
trackback

Dok. Apa ndak bisa diobati saja?. Dok. Saya takut operasi!. Dok. Operasinya sakit ndak?. Dok. Tetangga saya setelah dioperasi malah jadi buta.

Itulah kata-kata yang sering muncul dari pasien- dengan nada cemas-saat diberi tahu tentang tindakan operasi untuk menyembuhkan kataraknya.

Operasi…

Sungguh sebuah kata yang menakutkan. Saat  mendengar kata ini, terbayanglah kita pada  pisau, gunting, benang, jarum, darah.. ah menakutkan. Maka sangatlah wajar bila pasien merasa takut bila disarankan untuk menjalani operasi.

Takut boleh, tapi tidak boleh berlebihan. Dengan semakin majunya tehnologi, maka operasi katarak sekarang ini menjadi operasi yang paling sering dilakukan dibidang mata dan tingkat keberhasilannya sangat tinggi. Operasi dengan tehnik mutakhir yaitu tehnik fekoemulsifikasi, sayatan luka hanya 3 mm dan operasi dilakukan hanya 10-30 menit. Proses kesembuhan semakin cepat.

Operasi katarak dilakukan dengan  bius lokal,  kecuali pada kasus-kasus tertentu,  sehingga terhindar dari komplikasi bius umum (total) yang sering terjadi. Bius lokal juga dapat menghemat biaya operasi. Untuk  operasi tehnik fekoemulsifikasi, bius lokal hanya dengan cara meneteskan obat pada mata tanpa suntik.

Semoga Bermanfaat.

Related Post:

Komentar»

1. Thomas - 8 April 2010

hm….sakit nggak sih??beda katarak sama gluikoma apa ya??

atmata - 12 April 2010

Buat Thomas.
Karena dibius maka tidak sakit. Untuk sebagian besar operasi katarak dilakukan bius lokal yaitu pada bagian matanya saja.
Beda katarak dan Gaukoma: Katarak bisa di baca pada postingan apa katarak itu? Glaukoma: penyakit yang ditandai dengan peningkatan tekanan bola mata yang bisa menyebabkan kebutaan. Untuk jelasnya akan saya bahas pada postingan yang akan datang. Tks

2. Nuri - 9 April 2010

Berapa ya kira-kira biayanya?


Tinggalkan komentar